OOP (Object Oriented Programming)
OOP atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan pemrograman berorientasikan objek (PBO) merupakan sebuah paradigma atau teknik pemrograman yang berorientesikan Objek.
Pada OOP, Fungsi dan variabel dibungkus dalam sebuah objek atau classyang dapat saling brinteraksi, sehingga membentuk sebuah program.
DIFINISI CLASS:
1. OBJECT CLASSAdalah hasil turunan dari object
2. ATTRIBUTES (Properties , Ciri2, FIELDS )
Adalah data ciri2, sifat, karakteristik, properties suatu object
3. METHOD (Events, kata kerja, aktivitas)
Adalah fungsi, rumus, cara kerja sebuah object
MENGGUNAKAN CLASS:
1. INSTANSIASI CLASSAdalah membuat / difinisi/ menggunakan class baru, dg code: NEW
2. CONSTRUCTOR
Adalah nilai didalam sebuah class (nilai dari attribut)
TEHNIK AKSES CLASS:
1. INHERITANCE
Adalah pewaris, membuat turunan sebuah object baru dari sebuah CLASS. Untuk turunan class lebih lanjut menggunakan tehnik SUPERCLASS
(Parent class) dan turunan class SUBCLASS (child class)
2. ENCAPSULATION
Adalah pembungkus mengatur data, variable, methode mana saja yang sifatnya PRIVATE hanya dalam class atau PUBLIC umum bisa digunakan oleh user.
Untuk selanjutnya menggunakan tehnik THIS
3. POLYMORISM
Adalah membuat turunan object class dari sebuah PARENT CLASS (SUPERCLASS)
hasil turunan class disebut SUBCLASS, dan METHOD di subclass dapat di custom
sesuai kebutuhan dirubah beda dengan parent class (superclass) nya.
(biasanya sebuah turunan class tidak dapat merubah METHOD dari object nya)
Untuk lanjutnya terdapat class SUPERCLASS, SUBCLASS
TEHNIK CLASS
1.class DIGABUNG dengan file utama (sbg dasar class)2.class DIPISAHKAN dari file utama class dg file terpisah ,dg method Mutator dan Asesor (ini yg kita pakai)
DASAR CLASS :
#1. CLASS DIGABUNG
1. PENGETIKAN LOKASI FILE CLASS:
(1) digabung dalam file utamaLOKASI CODE CLASS :
- dibawah PACKAGE,- diBAWAH code IMPORT (jika ada code import)
- diatas PUBLIC CLASS code UTAMA
2. STRUKTUR DASAR CLASS (class GABUNG dg file utama):
class namaClass {-Difinisi ATTRIBUTE2 untuk proses
-METHODE2 yg digunakan
}
3. MENGGUNAKAN CLASS BARU:
namaClassNya VariableClassYgBaru = new NamaCLassNya() ;contah: manggah mg = new manggah();
4. MEMBERI NILAI AWAL VARIABLE DI CLASS:
//---CONTRUKTOR: nilai awalmg.rasa="MANIS,SEPET";
mg.bentuk="BULAT";
mg.harga=10000;
5. PANGGIL METHODE DI CLASS:
mg.cetak();Class dasar (tehnik class DIGABUNG dg file utama)
Langkah langkah pembuatan sebagai berikut :1. Buatlah sebuah program CLASS sederhana (difiinisi, print, tidak ada input data) dengan difinisi sbb:
LOKASI CLASS : digabung dengan file utama
CLASS : sate
ATTRIBUTE : bumbu, jenis, harga
METHODE : dicetak, dibakar, dimakan
package class_1;
class sate{
//--- in atribut
String bumbu;
String jenis;
int harga;
//---- method
void cetak(){
System.out.println("--------------------");
System.out.println("CLASS SATE");
System.out.println("--------------------");
System.out.println("BUMBU = "+bumbu);
System.out.println("JENIS = "+jenis);
System.out.println("HARGA = "+harga);
System.out.println("--------------------");
}
void dibakar(){
System.out.println("SATE DI BAKAR");
System.out.println("--------------------");
}
void dimakan(){
System.out.println("SATE DI MAKAN");
System.out.println("--------------------");
}
}
public class Class_1 {
2. Posisi class ada dibawah paskage dan diatas public class kemudian definisan attribut dan methodnya. Setelah mendefinisikan class dan attribut maka langka selanjutnya adalah memanggil class file utama di dalam main class
public class Class_1 {
public static void main(String[] args) {
sate s=new sate();
s.bumbu="BULAT,OVAL";
s.jenis="AYAM,KAMBING";
s.harga=15000;
//---panggil method
s.cetak();
s.dibakar();
s.dimakan();
}
}
3. Setelah itu kita jalankan projectnya dengan menekan tombol f6 atau menekan tombol run, maka akan menampilakan output sebagai berikut :
Contoh 2 (buat project class untuk menghitung luas dan keliling persegi panjang)
langkah langkahnya :1. Buatlah sebuah program Class input dan hitung luas, keliling persegi panjang sederhana dengan
difinisi sbb:
LOKASI CLASS : digabung dengan file utama
CLASS : hitung_rumus
ATTRIBUT : panjang, lebar -> Di input
luas, keliling -> Di hitung
METHOD :
input_data : untuk input panjang dan lebar
hitung_luas : untuk menghitung luasnya
hitung_keliling : untuk menghitung kelilingnya
cetak : untuk cetak hasil rumus luas dan kelilingnya
package class_luas_dan_keliling_persegipanjang;
import java.util.Scanner;
class hitung_rumus{
//-- attribut
int p;
int l;
int luas;
int kel;
2. setelah memasukkan attributnya, maka langkah selanjutnya membuat methodenya
//--methode
void input_data(){
Scanner baca=new Scanner(System.in);
System.out.println("Program Luas dan Keliling Persegi Panjang");
System.out.println("=========================================");
System.out.print("Masukkan Panjang = ");
int panjang=baca.nextInt();
System.out.print("Masukkan Lebar = ");
int lebar=baca.nextInt();
//----konstraktor nya
p=panjang;
l=lebar;
}
void hitung_luas(){
luas=p*l;
}
void hitung_keliling(){
kel=2*(p*l);
}
void cetak(){
System.out.println("---------------------");
System.out.println("Luas = "+luas);
System.out.println("Keliling = "+kel);
System.out.println("---------------------");
} // tutup void
} //tutup class
3. Panggil/Masukkan class dan methodnya kedalam file utama atau di dalam main class dengan coding seperti berikut :
public class Class_luas_dan_keliling_persegipanjang {
public static void main(String[] args) {
hitung_rumus rumus=new hitung_rumus();
rumus.input_data();
rumus.hitung_luas();
rumus.hitung_keliling();
rumus.cetak();
}//tutup static void
}//tutup public
4. Selanjutnya jalankan projectnya, maka kita harus memkasukkan panjang dan lebar persegi panjang saat di enter secara otomatis akan menampilkan hasil luas dan kelilingnya
Selesai ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar